Langsung ke konten utama

Cara Menghemat Penggunaan Kertas Demi Lingkungan Yang Sehat


Cara Menghemat Penggunaan Kertas Demi Lingkungan Yang Sehat - Kembali lagi dengan postingan Afif Blog 20 setelah beberapa hari tidak merilis artikel, dikarenakan belum mendapat ide yang menarik untuk menyusun artikel. Hehe...Yuk langsung saja :)

Dari judul diatas pasti sobat semua mengira tema artikel ini adalah tentang lingkungan, Ya! Benar sekali. Lingkungan adalah tempat dimana kita bernafas, menghirup udara segar dan melihat dengan leluasa dunia yang indah ini. Tetapi ada satu hal yang jarang disadari bisa merusak lingkungan yang katanya kita cintai, Penggunaan Kertas! Banyak yang tidak menyadari bahwa kalau penggunaan kertas yang boros adalah beberapa faktor terjadinya kerusakan lingkungan/alam, Misal kebiasaan kita membuang-buang kertas seenaknya, memakai kertas yang masih putih bersih untuk dijadikan catatan buram, dan membuang sampah kertas sembarangan. Hal ini dapat membuat sampah makin berserakan dimana mana, lalu kertas tersebut menjadi limbah sampah kertas yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup kita. Lalu apakah kita hanya berdiam diri saja membiarkan masalah ini semakin membesar? 

Artikel ini ane persembahkan untuk para pecinta lingkungan sehat, dan seluruh masyarakat yang ingin Lingkungannya bebas oleh berbagai macam kerusakan. Yuk cekidot ‘Cara Menghemat Penggunaan Kertas’

1. Jangan jadikan kertas yang masih putih bersih untuk dijadikan kertas buramIni sering dialami oleh seorang pelajar seperti ane. Point ini bisa diantisipasi dengan pemakaian kertas daur ulang untuk dijadikan buram, atau dengan menggunakan kertas yang kualitasnya dibawah kertas yang sangat putih (kalo tidak salah namanya kertas Puyer), ini dikarenakan untuk menghemat pemakaian kertas yang kualitas nya bagus. 


Di Jepang saja kertas umum yang dipake adalah kertas warna abu-abu, bukan kertas putih!


2. Simpan Helaian Kertas dari Buku yang berserakan. Kadang kalau kita mendapati buku tulis yang beberapa kertasnya udah lepas, kita langsung menggumpalkannya dan membuangnya begitu saja, ini tindakan yang salah! 


Lebih baik kertas yang telah lepas tersebut disimpan, apabila diperlukan bisa dipergunakan. Tidak susah kan?


3. Sesekali Gunakan Microsoft Word untuk menulis. Selain menghemat kertas, dengan menerapkan cara ini juga tidak membuat tangan kita capek untuk menulis di kertas. Lalu setelah menulis, jika ingin memprintnya pastikan tulisan yang kita buat telah di review ulang untuk mengantisipasi beberapa kesalahan, jika terjadi kesalahan segera revisi.




Jangan buang-buang kertas karena kesalahan sedikit, dan pastikan sebelum nge-print coba klik ‘Print Preview’ dulu.


4. Mencoba Untuk Tidak Boros kertas dalam menulis. Dalam hal menulis kita sebaiknya menghemat penggunaan kertas, Misal ketika dalam penulisan ada kesalahan sedikit, maka jangan ganti dengan kertas yang baru, cukup coretkan sedikit pada kalimat yang salah.
 

Dan pastikan ukuran tulisan tidak besar dan berlebihan, supaya menghemat ‘space’ dalam kertas.


5. Membuat Prakarya Kertas Linting dari kertas koran. Ternyata kertas juga bisa dimanfaatkan sebagai karya yang menarik. Tanpa membuang-buang kertas, kita dapat membuat suatu karya yang kita sendiri bisa membuatnya dengan mudah.


Cara membuat Linting dari kertas koran yaitu dengan melilit lilitkan kertas sesuai dengan ukuran yang dikehendaki, lalu dapat dipadukan dengan media lainnya. Linting Koran dapat menghasilkan barang-barang yang bermanfaat, Misal seperti wadah tempat tissue, dll

Beberapa contoh gambar hasil prakarya dari linting koran :




Aaand last but not least, dengan melakukan cara diatas, kita telah mampu untuk menjaga populasi pohon sebagai anggota makhluk hidup. Walaupun kelihatannya sederhana, itu telah bisa dikatakan sebagai kepedulian kita untuk menjaga keadaan lingkungan kita untuk lebih terjaga lagi. 


“Love the trees until their leaves fall off, then encourage them to try again next year.” 
-Chad Sugg


 



Ayo, jaga pohon untuk melindungi makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini! #SavePaper #SaveTrees
 Jika sobat sekalian mempunyai ulasan cara-cara yang lain, silahkan tinggalkan komentar ^_^. Sekian, semoga bermanfaat
 

Komentar

  1. Iya mas, saya setuju. Saya juga sering menjumpai orang yang suka merendahkan kertas wkkw. Padahal, kertas itu berharga :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya betul sekali gan :D

      oia, btw blognya ane cek tadi kok ada notif, "blog tidak ditemukan atau blog dihapus" . kenapa ya gan?

      Hapus
    2. Hmm, iya gan blog saya, saya ubah linknya. Soalnya gak sesuai dengan topik yang saya bahas. Jadi, ya gitu deh..
      Link: all-farel.blogspot.com
      Kalo link saya mengganggu bisa dihapus saja mas :) Salam blogger!

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. hehe gitu toh gan..kalo ane pengen ganti link blog ini kalo uang udah ngumpul buat beli domain :D

      Hapus
    5. Iya gan, saya dukung biar blog ini makin sukses kedepannya. Apalagi kalo nanti diterima Adsense.. beh mantap udah mah!

      Hapus
    6. makasih gan, aamiin... ^_^ Moga aja blog ini beruntung gan soal Adsense :D

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam