Langsung ke konten utama

Beberapa Komponen Penting Yang Harus Ada di Dalam Blog

Beberapa Komponen Penting Yang Harus Ada di Dalam Blog
Beberapa Komponen Penting Yang Harus Ada di Dalam BlogBlog sebagai salah satu wadah bagi kita untuk mencurahkan isi pikiran kita, hal-hal yang ada di dalam diri kita bisa kita ekspresikan di dalam Blog, contohnya para penulis yang membagikan karya-karya tulisan terbaik yang pernah mereka buat.
Sangat mudah sekali kita pada saat ini untuk mempublikasikan apa yang kita rasakan di, tinggal menulis apa yang kita inginkan lalu mempublikasikan ke blog. Lalu apakah kita ingin blog ramai pengunjung? Tentunya kita merasa senang tulisan-tulisan yang kita rangkai banyak yang membaca dan menyukainya juga. Untuk bisa mendapatkan simpati dari para pembaca, kita harus mengetahui komponen penting yang harus ada pada blog. Lalu apakah komponen-komponen tersebut? Mari simak artikel berikut ini

1.  Design Blog!

 
Percaya atau tidak, design blog menurut saya adalah komponen nomor satu yang harus pada blog jika ingin pengunjung betah berlama-lamaan di blog kita. Ibaratkan saja seperti sebuah rumah, jika disekeliling tembok sudah dipenuhi debu dan retak, maka orang yang ingin melihat enggan untuk melihat rumah tersebut. Diluar saja sudah berantakan, apalagi melihat dalamnya? Begitu juga dengan blog, Tampilan!

2. Artikel


Setelah nomor pertama Design blog, nah sekarang mari kita lihat di urutan dua, Artikel! Dimana pun orang-orang atau pembaca  pasti akan mencari artikel yang berkualitas dan bermanfaat  pada blog.  Percayalah,  jika artikel yang terdapat di blog kita bermanfaat bagi para pembaca pasti trafik pengunjung kita akan naik. Mari tingkatkan kualitas artikel di blog sobat!

3.Jenis/Niche Blog


Dari awal membuat blog pasti kita sebelumnya sudah menentukan tipe dan jenis blog yang akan kita buat. Bisa saja kita membangun sebuah blog dari dasar kita ahli dalam bidang tertentu, misal ahli dalam SEO ( Search Engine Optimazion), ahli dalam bidang internet marketing, atau ahli dalam utak-atik android, dll. Jenis deskripsi atau tipe blog ini biasa disebut dengan Niche. Jika kita sebelumnya sudah menentukan niche untuk blog kita, selanjutnya kita akan mudah untuk memposting sebuah artikel berdasarkan pengalaman kita dibidang yang kita gemari.

4. Pengunjung Blog


Kita pun akan merasa hampa jika blog yang kita kelola tidak ada pengunjung ataupun tidak satupun pengunjung yang nyangkut ke blog kita. Bagaikan sebuah rumah yang mewah, besar, luas, dan fasilitas didalamnya sangat wah. Sama juga seperti blog, percuma saja memiliki design dan artikel yang bagus jika pengunjung saja tidak datang ke blog kita. Pengunjung juga dapat memberikan komentarnya tentang konten dan memberikan sarannya untuk perkembangan blog kita. Ibaratkan lagi seperti teh yang tidak ada gulanya, pahit. Sekali lagi, pengunjung itu important thing di sebuah blog.

5. Mungkin nomer lima bisa sobat-sobat blogger semua menambahkan? :D


Mempunyai sebuah blog menjadi kesenangan tersendiri, termasuk saya. Apalagi pengunjung mengalir terus ke blog kita, pengennya tuh minimal 50 visitor/hari hehe…

Jika 5 komponen penting blog diatas sudah kita aplikasikan ke dalam blog, insyaallah blog kita akan ramai pengunjung, dan bisa-bisa jadi blogger profesional. Tentunya dengan di imbangi dengan artikel yang berkualitas, sering online (update), dan yang penting USAHA! :)

Sekian dari tulisan sederhana saya ini, semoga bermanfaat ^_^

Komentar

  1. Menurut saya, yang tak kalah penting adalah bagaimana membangun reputasi Admin Blogger tersebut. Karena bila reputasinya baik, tentu akan dikenal baik oleh Blogger lainnya. Sehingga beberapa blogger yang menjadi pengunjung mungkin menaruh minat untuk bisa saling berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, seorang blogger harus ramah tamah kepada pengunjung blognya. Contohnya menanggapi komentar dari pengunjung dengan baik hati

      Hapus
  2. tampilan keren tp loading lama juga bikin gk betah bro, apalagi yg bnyak iklan2nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masbro, bikin pengunjung langsung meng-close blog kita dan beralih ke blog lain haha :D

      Hapus
  3. semua poin di atas semua penting, tapi yang paling penting adalah Pengunjung Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, blog tidak ada apa apanya kalau tidak ada pengunjung setia :)

      Hapus
    2. Yeah. itu penting gan, tapi menurut saya yang lebih penting tuh artikel, buat blog tanpa artikel??? WTF? gak mungkin kan? Truss secara logika juga, bagaimana bisa ada pengunjung tanpa ada artikel? ngimpi? Desain harusnya no 2. Tanpa artikel, meskipun desainnya dewa? Gak guna... Agree? :)

      Hapus
    3. Yah gak mungkin juga punya blog gak punya postingan -_-. Setelah dicelupkan design yang mantab, lalu diisi dengan artikel yang berkualitas ^_^

      Hapus
  4. Terkait reputasi seperti yang telah dibahas diatas, saya sangat sepakat dengan hal itu. Kalo boleh nambahin dikit, mungkin juga tidak terlalu penting, yaitu dengan menambahkan "contact". Terkadang ada yang ingin muncul sebagai anonim, meskipun begitu, menurut saya akan lebih keren jika kita memiliki contact yang dapat dihubungi oleh pembaca mengingat terkadang dalam menulis artikel, ada beberapa hal yang terlewatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas, bilamana ada saran, keluhan, atau lainnya yang datang dari pembaca (pengunjung) bisa langsung menghubungi kita melalui kontak yang telah tersedia :)

      Hapus
  5. trimakasih buat artikelnya,,
    sangat membantu,,salam sukses,,

    BalasHapus
  6. Sepakat deh.. Bagus artikelnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam