Langsung ke konten utama

Para Pecinta Buku Harus Tau 4 Website Ini

Sekarang website udah berkembang. Dulu pas internet baru-baru muncul, ada sebuah website pertama yang menampakkan diri, yaitu website CERN, Organisasi Eropa untuk sebuah Riset Nuklir. kabarnya website ini dibuat untuk diakses orang di seluruh dunia, yang gue tau entah apa gunanya orang mengakses website ini, tetapi yang jelas, website ini tanpa royalti. Gratis. website CERN muncul pada tanggal 30 April 1993. Tahun itu asli, burem, gue entah dimana letaknya pas tahun 1993 itu.

Website-website yang muncul disaat internet baru lahir, pastilah sangat sederhana sekali. Belum seperti website-website kebanyakan sekarang. Perubahan itu memang selalu ada di sekitar kita. Perubahan sangat cepat. Lihat saja kebanyakan website sekarang, udah menggunakan kode-kode yang udah gak sederhana lagi, melainkan memakai kode-kode terkini. Muncullah user interface dari website tersebut yang minimalis dan nyaman diakses.

Website banyak gunanya, ada banyak macam website yang ada di internet, sebut saja website pribadi, website perusahaan, e-commerce, dan masih banyak lagi yang lain. Nah, website juga bisa bermanfaat bagi orang yang mempunyai suatu hobi, apalagi hobi tersebut banyak digandrungi orang-orang. Jadinya bisa tempat berkumpul dan sharing, kayak komunitas gitu. Iya gitu.


***

Lo pecinta buku? Iya maksud gue book lovers. Iya yang banyak mengoleksi buku-buku di ruang kerjanya, atau bisa juga di lemari buku, pasti lo disebut sebagai pecinta buku. Nah bagi para pecinta buku, ada beberapa website yang bisa membuat lo semakin cinta sama hobi yang satu ini. Maksudnya, dengan adanya website yang membahas tentang buku, jadinya lo lebih tau lebih dalam lagi tentang dunia perbukuan. Mulai dari berita, review, kumpulan buku-buku best seller, dan bisa berinteraksi dengan sesama pecinta buku juga. Jadinya lo makin "geek" sama buku.

Di tulisan kali ini, gue akan memaparkan beberapa website yang membahas tentang buku di dalamnya. Di website itu kita bisa melihat review-review buku bagus, bisa memberi komentar pandangan kita terhadap suatu buku, lalu memberi rating sebuah buku, dan masih banyak lagi. Namun gak hanya di website saja, website ini juga ada halaman Facebook yang bisa lo sukai sendiri, jadi feednya bisa muncul di beranda lo kapan saja.

Daripada penasaran mending langsung aja gue bahas:


1. Goodreads (goodreads.com)


Gue rasa banyak pecinta buku di Indonesia bahkan dunia udah register disini. Ya, Goodreads. Menurut kakak wiki, website goodreads ini dibuat oleh Otis Chandler dan Elizabeth Khuri lalu diluncurkan pada tanggal 30 Januari 2007. Disini lo bisa menggunakan fitur-fitur seperti menandai baca buku lo dengan "Want to read" (ingin membaca buku tersebut), "read" (dibaca), "currently read" (sedang dibaca), dan "to read" (akan dibaca), dan masih banyak lagi yang lainnya. Gue udah register disini, dan udah punya temen juga yang kebetulan sesama blogger. Disini juga bisa menjadi referensi kita sebelum membeli buku. Ragu dengan buku yang akan kita beli? Tenang saja, disini banyak review dan pendapat orang-orang tentang suatu buku. Oia di goodreads ini juga ada seperti challange gitu, kayak menargetkan jumlah bacaan kita pertahun, dan masih banyak lagi yang lainnya

Jangan lupa add gue di goodreads Muhammad Afif


2. The Reading Room (thereadingroom.com)


Website dari luar. Sama seperti goodreads, cuman bedanya hanya terletak di bahasa. Disini juga terdapat fitur-fitur seperti yang ada di goodreads, bookshelves; Reading now, have read, want to read, books i've loved. Review buku, rekomendasi buku, award juga ada dibagian atas website ini. Juga ada quote, quote yang berasal dari buku-buku ciptaan banyak pengarang.


Lagian website ini berbahasa inggris, ini juga bisa melatih bahasa inggris kita walaupun sedikit. Sering mengulang-ulang bacaan bahasa inggris akan membantu menambah perbendaharaan kata.

Gue pernah membaca sebuah artikel yang ada di website ini, yang berjudul Reading is Making You Happier and Healthier


3. Goodwill Librarian


Goodwill Librarian. Gue nemu ini di halaman/page facebook, setelah gue cari gak ketemu alamat websitenya. Ternyata page ini gak punya web. Tak apalah...

Disini beda, berbeda dengan goodreads dan the reading room. Di Goodwill Librarian ini hanya menampilkan beberapa artikel all about buku, reading, juga memposting gambar-gambar buku, quote buku, pokoknya disini membahas tentang buku gitu. Books lover pasti akan nge like page ini.

Contoh gambar-gambar yang diposting Goodwill Librarian:




Dan masih banyak lagi, langsung aja kunjungi halaman facebooknya, books lovers!


4. Penguin Random House (penguinrandomhouse.com)


Tak ubahnya seperti goodwill librarian, halaman sebuah penerbit ini juga memposting tentang artikel tentang buku, dan juga sesekali memposting gambar-gambar menarik dan quote seputar buku.

Penampakan website Penguin Random House:


Ada sebuah gambar menarik yang gue temukan di halamannya

Quite, please...

***

Sepertinya para pecinta buku harus mengunjungi 4 website/halaman diatas. 3 diantaranya adalah website luar yang bisa membuat kita tau banyak kosakata dalam bahasa inggris. Tinggal klik like halaman facebooknya, feed halaman tersebut akan muncul di beranda. Kalian bakalan menemukan seperti yang gue bilang diatas tadi. Dan kalo ke websitenya, ada banyak artikel menarik seputar buku dan membaca yang kamu perlu baca jika kamu seorang pecinta buku. Kalo kamu seorang pecinta tidur, mungkin kamar jawabannya.

Ehe.

Mungkin ada tambahan selain 4 diatas? Tulis di kolom komentar ya

Komentar

  1. Apa ya.. kemarin temen gue ngerekomendasiin salah satu website yang tak kalah kerennya dengan goodreads dan the reading room. Gue lupa tapi huhuhu...

    BalasHapus
  2. Afif terima kasih ya sudah berbagi, boleh nanti sesekali mampir ke website yang disebutkan diatas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, semoga bisa menemukan yang lain yaa

      Hapus
  3. Terimakasih sudah berbagi. Tulisannya benar2 ngasih energi positif buat pembaca, terutama para pecinta buku:)

    BalasHapus
  4. Sama kayak komen diatas.. dulu gue taunya cuma good reads... tapi terus gue ngga nyari tau lagi yg lainnya.. berati gue belum termasuk book lovers ya.

    Ini penting nih, website2 diatas bisa ngasih info dan review yg sangat membantu. soalnya gue termasuk org yg sering bingung klo d toko buku mau beli buku apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho, gue suka menjelajah gitu bang bro, selain goodreads gue akhirnya nemu 3 website diatas ;)

      Hapus
  5. fif, kok gue gak tau sama sekali ya sama website buku ini?? padahal sering bnget baca2. hahaha ketauan deh masih kurang hobi baca

    nanti gue kunjungin nih, pastinya nambah wawasan gue hhe. thanks yoo ;)

    BalasHapus
  6. Iya, makin kesini perkembangan website makin canggih aja yaa. Bahkan sekarang banyak banget tuh website yang udah support responsive dengan gadget. Keren banget.

    Wahh, dari keempat website diatas yang baru aku tahu cuman goodreads aja sih hehe, cupu banget yaa. TApi mungkin ntar bakalan nyoba buat mengunjungi ketiga website yang lainnnya kok. Karena bisa bermanfaat banget buat pecinta buku seperti saya ini. Jadi dengan website tersebut jadi bisa tahu yaa buku-buku terbaru dan reviewnya. Bisa juga berteman dengan sesama pecinta buku. Asik juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik kalo udah mempunyai teman sesama pecinta buku, apalagi udah ada website tersendiri~ :D

      Hapus
  7. Baru yg Pertama gue tau Fif. Soalnya gue baru kenal itu aja, sih. Gak telalu sering stalking dunia Book Lovers gitu. Gue suka kalo emang menarik aja.

    Tapi, bener katamu fif. Buat Pembanding, keknya bakalan gampang banget kalo register di Goodread.

    Makasih infonya fif.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goodreads masih yang favorite pangeran ~

      Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  8. cern... setau gue cern itu salah satu brand yang meneliti tentang mesin waktu juga. kalau website tentang buku mah... sulit untuk dipungkiri kalau goodreads emang masih jadi jagoan. jujur aja dari 4 web diatas gue cuma tau goodreads. gue lebih hobi streaming di web film gratis sih..

    BalasHapus
  9. Awal gue kenal goodreads gue kira bisa baca full novel disana, gue cari klik sana sini rupanya nggak ada, goodreads hanya menampilkan review buku buku terbaru dan yang udah lama, sebagai bahan pertimbangan buat beli buku.

    Dan semua bermanfaat bagus reviewnya bang, maju terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, gue juga pas pertama kali. Penasaran sama Goodread, eh pas dibuka gak sesuai dengan harapan :v

      Makasih ya :)

      Hapus
  10. Gua tau goodreaders dan udh gabung, gua kira diaitu kita bisa download buku tau-taunya enggaa -_-

    Keren nih, yang 3 sama 4 bagus keknya, otw ngecek nih wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha banyak sekali ya yang gini, menganggap goodreads itu tempat download ebook :p

      Go go go

      Hapus
  11. G tw kenapa yah fif, baca postinganmu ini aku kayak ngerasa kamu emejing banget, serius deh. Ini anak rajin banget baca bukunya ketimbang aku.. Malu fif, beneran deh hiks

    Dari sekian banyak web yg kamu jabarin, aku cuman tau goodreaders soalnya ni website paling sering seliweran dimana2. Kayaknya aku harus nyontoh kamu deh biar terus membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, bukan apa mah mba...belum bisa dikatakan book lover juga sih hehe...ini cuman mau sharing tentang dunia buku :D

      Wah nyontoh gue, jadi segan :3

      Hapus
  12. Apalah yang suka baca buku, aku cuma baca artikel dari internet doang.
    Yang aku tau cuma goodreaders doang sih, itu cuma sekedar tau aja nggak sampai punya akunnya gitu.

    Tapi nice info ini, siapa tau readers (?) lagi bingung mau cari tempat komunitas sehobi langsung aja meluncur kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin dong bro akunnya~ biar bisa saling add :D

      Hapus
  13. paling sering gunaiin Goodread kalau lainnya belum sama seki baru tau dari sini. dulu wkt skripsi sering buka web itu buat cari buku dan lumayan lengkap juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dong bang otw ke website yang selain goodreads, gak kalah juga lho dibanding goodreads :3

      Hapus
  14. Yap benar, kadang sebelum membeli buku kita perlu untuk melihat reviewnya. Goodreads contohnya

    BalasHapus
  15. Kayake aku belum termasuk book lovers deh, soalnya yang aku tau dan aplikasi android-nya aku download cuma goodreads aja.

    Tapi dengan baca postingan dari kamu ini Fif, aku jadi tau kalau masih bbanyak site lagi yang ngebahas tentang buku. Kalo blog buku, mungkin banyak, kalo situs kayak gini kan jarang ya.

    BalasHapus
  16. keren juga. makasih udah di share. kebetulan gue anak pendidikan bahasa inggris, jadi website itu pasti berguna buat nambah perbendaharaan gue. makasih yah.

    gue pernah denger goodread sih. tapi kayak aplikasi smartphone gitu. tapi ternyata ini da website nya juga ya? gue bakal langsung coba nih. ehehe

    BalasHapus
  17. Gue baru denger yg 2 ke bawah. Mentok di goodreads haha..

    Mantaf ning bung afif, bacaannya udah serba inggris. Bener sih bava artikel bahasa inggris bikin nambah perbendaharaan kata.

    BalasHapus
  18. Entah kenapa jadi sedih sekarang intensitas baca novel semakin berkurang, soalnya lagi sibuk baca jurnal gitu #baladamahasiswamauskripsi hahaha
    btw terimakasih infonyaaaaa, seneng bisa ketemu orang yang sama-sama suka baca buku/ novel

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam