Langsung ke konten utama

Hidup Harus Tetap Berlanjut

Kata orang kita hanya hidup sementara di dunia ini. Kita hanya menumpang sementara kepada sang pencipta, menumpang "tempat" untuk hidup sementara. Kita disediakan bumi oleh tuhan untuk berbuat kebajikan selama hidup, lalu nantinya akan dipanggil ke sisiNya.

Namun, hal yang tak diinginkan, dan tak diinginkan sama sekali oleh seorang pun, terjadi ke permukaan bumi ini.

Kepergian Seseorang.

Kita tahu, kepergian seseorang yang kita cintai itu sangat menyakitkan, memilukan, dan menyedihkan bagi kita yang ditinggalkan. Hal itulah yang gue rasakan saat ini.


Jum'at, 8 April 2016, Pukul 14.10

Saat itu gue lagi dirumah sakit, kebetulan papa gue lagi dirawat dirumah sakit akibat demam berdarah atau biasa disebut dbd. Sakitnya papa gue ini udah sejak hari senin demamnya, tetapi baru dibawa dirumah sakit pas hari kamis.

Waktu siang itu, kondisi beliau makin memprihatinkan, nafas beliau sesak, dan ini kayaknya udah merembes ke penyakit pernafasan atau paru-paru. Siang itu kondisinya makin parah, lalu drop dan dibantu beberapa suster untuk menangani papa gue. Yang gue khawatirkan, 3 infus sekaligus mengelilingi papa gue. Gue hanya merenungi didekat kasur yang gue duduki, dan memikirkan hal-hal yang tidak mengenakkan terjadi kepada papa gue. Sempat papa gue meminta untuk diizinkan buat shalat jumat, tetapi dilarang oleh mama gue karna susah nantinya buat ngurus infus untuk berjalan ke masjid. Akhirnya papa gue gak jadi shalat jumat dan tetap berbaring di kasurnya.

Setelah jumat, kondisi papa gue semakin tidak mengenakkan, hampir drop, lalu dokter berkata harus dipindahkan ke ruang ICU supaya lebih intensif. Lalu dibawa lah papa gue ke ruang tersebut. Gue disuruh menunggu diluar sama keluarga lainnya. Gue berharap, gak terjadi apa-apa sama papa gue. Gue pun duduk dan menunggu

Menunggu...
Menunggu....
Lalu menunggu...

Setelah itu, hal yang selama ini gue tak pengen terjadi, hal yang selalu gue tak pengen alami sebagai seorang anak, pun terjadi, bokap atau papa gue tiada. Kondisinya sudah sangat drop dan sudah dipacu dengan alat pompa jantung, namun itu tidak dapat membantu banyak. Akhirnya papa gue meninggal dunia untuk selama-lamanya, meninggalkan seorang istri dan anak-anaknya yang gue bisa katakan belum bisa dikatakan dewasa. Takdir tak dapat ditolak, dan semuanya sudah terjadi.

Setelah itu, papa gue dibawa kerumah ibu, atau gue anggap nenek yang telah mendahului pada tahun 2013 lalu, disanalah papa gue berbaring untuk terakhir kalinya sebelum dimakamkan besoknya.


***

Papa gue meninggalkan satu orang isteri dan tiga orang anaknya, tugas gue selanjutnya adalah menjaga mama dan seorang adik gue seperti papa gue menjaga mereka. Gue tahu, beberapa tugas papa akan jatuh ke gue sebagai anak laki-laki. Dan ada cita-cita yang belum sempat gue buktikan kepada papa, dan insyaallah gue akan buktikan mimpi itu nantinya, amin ya allah.


Itulah yang membuat gue agak sedikit absen dalam nge-blog beberapa hari ini, dan juga gue sempat demam yang hampir mendekati demam berdarah, tetapi alhamdulillah bisa diatasi. Sekarang kondisi gue udah normal kembali. Yang pasti gue akan tetap terus semangat nge-blognya :)


Satu yang pasti, seluruh orang akan seperti itu. Kita hidup hanya menumpang didunia ini, dan nantinya kita akan dipanggil entah kapan pastinya kita dipanggil. Yang jelas, kita harus berbuat kebaikan sebanyak mungkin dan nantinya akan kita bawa ke akhirat untuk selama-lamanya. Hidup harus tetap berlanjut, harus tetap berjalan.

Selamat Jalan Pa, Semoga tenang di alam sana....

Komentar

  1. Memang kita semua hanya hidup 1 kali dan sementara di dunia ini sebelum ajal menjemput mari kita melakukan hal-hal positif.

    Turut berduka cita atas meninggalnya papah kamu ya Afif, itu artinya giliran kamu yang harus menjaga ibu dan saudara-saudara kamu. Keep strong! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan hal yang positif adalah hal yang mutlak :)

      Makasih kak, strong!

      Hapus
  2. I'm sorry to read this Fif.
    Yawloh semoga lo yang sabar ya. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga bersabar.
    dan semoga papa Afif tenang berada disana, mendapat lindungan-Nya, dan surga-Nya. Aamin.

    And last but not least Faigkkkkk Afif. Semangat terus ngeblognya. bener !! Hidup harus tetap berlanjut !! \w/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang azka, amin makasih atas ucapannya

      Faigkkkkkkk

      Hapus
  3. Balasan
    1. Makasih, eh namanya agak gimana gitu ya

      Gue panggil tukang colong aja? Eh gausah deng gue jadi gak enak sama lo

      Hapus
  4. saya turut berduka cita ya mbak.. atas meninggalnya papanya.
    semoga diberi kesabaran dan ketabahan. ammiinnnn
    terus semangat.., GO FAIR

    BalasHapus
  5. iya sih kita hidup dunia hanya sebentar jadi haruss tetap semangat bekerja dan ibadah


    Smartphonelogs
    cara menyadap Hp android
    download Smartphonelogs

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam