Langsung ke konten utama

Hari Kopi Sedunia, Kopi Favorite?

Ngomongin soal kopi, yang 1 Oktober kemarin adalah Hari Kopi Sedunia. Kayaknya menarik dah gue bahas tentang minuman penulis sejuta umat ini.

Suka kopi sejak mencoba beberapa tipe kopi yang gue rasa, kopi itu minuman yang memiliki cita rasa tersendiri yang gak dimiliki oleh minuman lain. Coffee is sweet. Pahit namun ya begitulah, nikmat. Minuman kopi udah menjadi minuman orang-orang seantero dunia. Mau nongkrong, pagi-pagi duduk di teras rumah, nonton bareng bola, lagi nulis di blog, kayaknya orang lebih suka di temani dengan kopi, walaupun ada sebagian suka juga dengan teh. But i like both, kadang ngopi dan ngeteh. Tergantung situasi kondisi.

Terkadang, gue mendapat feeling yang nyaman saat menyeruput kopi. Disaat gagang gelas mulai gue pegang, dan kopi sudah terasa di mulut. Ummh, seketika perasaan jadi lega, dan lebih tenang. Karena menurut penelitian di dalam kopi itu terdapat zat yang bisa merangsang sirkulasi darah yang membuat perasaan kita menjadi tenang. Makanya, minuman yang pertama kali ditemukan di Ethiopia ini selalu menjadi pilihan ketika melakukan aktifitas, apalagi aktifitas berat yang bisa bikin stress.

Gue sih, minum kopi disaat tertentu saja. Seringnya gue kalo ngopi kalo lagi nulis di blog. Ya sudah begitu adanya penulis selain dikaitkan dengan note, pena, atau laptop, juga dikaitkan dengan minuman kopi. Lagi nulis beberapa paragraf, stuck, lalu gue rehat sejenak untuk menyeruput kopi. Juga kalo lagi diajakin nongkrong ke kedai kopi sama temen. Gue kalo pergi ke kedai kopi hanya sendirian dan nggak punya tujuan apa-apa, gue lebih memilih menolak buat pergi. Karna gak asik juga kalo hanya duduk sendirian, merenung. menatap nanar, dan tidak melakukan apa-apa, ngenes.

Usually, gue kalo lagi ada di kedai kopi biasanya mesan 2 jenis kopi ini; Latte dan Vietnam Coffee.

loved two kinds of this coffee. Instagram muhafif20

Coffee Latte. The first kind of coffee I'm like. Kopi pertama yang gue suka. Coffee latte atau dalam bahasa Italia artinya kopi susu adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu yang memiliki lapisan busa tipis yang ada diatasnya. Kopi ini banyak dijumpai dengan varian bentuk nya yang unik, bisa bikin gambar apapun diatasnya. 

sweet latte. Instagram motretasal
Vietnamnese Coffee. Kopi Vietnam atau yang dikenal CĂ  phĂŞ sữa đá adalah kopi yang berasal dari Vietnam yang dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan mencampurkan susu kental manis. Bisa disajikan panas ataupun dingin dengan es batu. Bentuk penyajiannya yang unik dengan wadah seduh yang berada diatas, lalu perlahan kopi turun kebawah. Kopi kedua yang gue suka. Pertama kali mesen kopi ini emang rada aneh sih, bingung cara minumnya kayakmana. Jadi waktu itu gue gak tau cara minumnya bagaimana, terus gue pegang aja wadah seduh yang ada diatas gelasnya, tapi setelah gue pegang, Argh! Panas bray! Panas kali. Rupanya tinggal nunggu kopinya jatuh kebawah gitu baru diminum. Gak sabaran banget lah gue.

says.com

Jadi kopi yang kamu suka, apa?

Komentar

  1. Baru tau gw kalo tanggal 1 okt itu hari kopi sedunia. Kopi kaporit gue apa yak, kopi good day ajalah yang ada serbuk kapucinonya hehehe. Kalo kopi di cafe baru nyoba beberapa doang. Btw, jadi bartender keren juga keknya.

    BalasHapus
  2. sama bang, aku juga biasanya waktu2 tertentu saja, btw, slamat hari kopi sedunia..
    kalau kopi favorite ?Apa ya, apa aja yg penting jgn kopi hitam.. kurang suka.. :D

    BalasHapus
  3. Sama gue juga baru tau kalo 1 okt adalah hari kopi sedunia. Tauku cuma hari kesaktian Pancasila.
    Ya maklumlah bukan pecinta kopi, gue kayaknya agak anti cafein.
    Satu sruput aja, bisa insom berkepanjangan.
    Mending susu. Hidup Susu !!

    BalasHapus
  4. Sebagai penikmat kopi, saya merasa gagal karena enggak tahu kalau tanggal 1 Oktober itu hari kopi sedunia :( Kalau saya sukanya cappuccino, mau yang ala kafe atau kopi sachetan juga doyan. Hampir setiap hari ngopi apalagi kalau mulai mumet sama kerjaan di kantor :D

    BalasHapus
  5. Kayaknya selalu membuka hati kalau sama kopi.. :D

    BalasHapus
  6. Hmm, ngomongin kopi. Ya, memang nggak bisa dipungkiri yaa, BLogger kayak kita ini memang nggak bisa jauh-jauh dari kopi. Pas nulis itu memang nikmat banget kalau sambil nyeruput kopi. Pasti pikiran bisa langsung plong dan ketika nulis bisa mengalir begitu saja.


    kopi yang kusuka sih good day moccacino, soalnya sehari-hari aku minumnya kopi itu hehe.

    BalasHapus
  7. Di tempat lo ada perayaan International Coffee Day gak?

    Tanggal 2 oktober kemaren gue datang ke perayaan International Coffee Day di Pekanbaru. Banyak banget biji kopi dari Nusantara yang bisa diminum secara gratis. Gue cuma nikmatin Rasuna Natural dari Sumatera Utara. Kalo ke coffee Shop gue palingan pesan di antara Macchiato, espresso sama latte.

    Belum pernah nyobain nih vietnamnesse coffee. Udah jarang juga ke coffee shop karena uangnya dialihkan untuk skripsi.

    BalasHapus
  8. Pertama2 SELAMAT HARI KOPI SEDUNIA!!!!!

    Kedua, Jenis kopi yg paling saya suka itu adala Coffe latte! Selain gk trlalu pahit rasa susunya juga kerasa bnget, smoothy2 gitu, apalagi ada lukisan diatasnya.

    Ketiga, klo bicara kopi vietnam...entah kenapa pikiran sya lngsung mengarah ke kasus Jessica Mirna, hahahh. Apa cuman sya yg kepikiran bgitu?

    BalasHapus
  9. Iya kayaknya penulis selalu dihubungkan dengan kopi ya. Jadi kebanyakan pecinta kopi adalah seorang penulis hehe. Kalau gue pernah coba kopi papua. Tapi, kalau vietnam belum pernah. Kayaknya enak banget yaa

    Biasanya gue minum kopi juga kalau masuk kelas pagi. karena biasanya begadang, dan harus masuk pagi. Gue perlu banget kafein buat nambah fokus haha

    BalasHapus
  10. Aku jarang banget ngopi. Tapi aku juga suka banget sama kopi. Kalau cuaca lagi dingin seenggaknya secangkir kopi ampuh buat menghangatkan badan. Wah, kopi Vietnam kayak apa sih rasanya? Jadi penasaran pengin coba.

    BalasHapus
  11. Setau gue sih 1 oktober itu hari biasa.....hehe

    Btw, gue cuman suka kopi luwak white coffe karna rasanya gimana gitu, kayak ada manis-manisnya

    Yap, mungkin dewasa nanti gue baru minum kopi kopi item gitu

    BalasHapus
  12. Ahaaii... Salam pecinta kopi. Life begins after coffee :). Dipi suka semua jenis kopi kcuali yg bersianida .... arrrgghh. Klo ke kedai kopi ordernya esspresso.. Kalo ga minta kopi hitam sekalian. Makin tradisional kedai kopinya makin pgn dicoba. Aplg yg organik kopinya atau yg digiling di tempat pake lumpang... Pak Maroji tuh yg bikin kopinya hahaha. Nongkrongnya asyik sambil liat yg bikin kopi. Dipi cinta bgt kopi Indonesia. Semoga Kopi Indonesia makin jaya yaa.

    BalasHapus
  13. 1 Oktober itu Hari Kopi Sedunia? Bukan Hari Peringatan Kemerdekaan RRC ya? Wkwkwk. Sayang, saya bukan penikmat kopi jadi ga bisa banyak komentar soal kopi. Saya ga tau perbedaan antara jenis kopi A dengan jenis kopi B. Saya cenderung lebih suka kopi yg pake susu sih daripada black coffee. Kopi VIetnam, pengen nyobain tuh sebenarnya, soalnya waktu di China, temen Vietnam sering bikinin saya kopi dan rasanya lumayan enak, meskipun belom bisa ngalahin kopi Indonesia hehe

    BalasHapus
  14. Gak tau kenapa, gue gak terlalu fanatik atau suka banget sama yang namanya kopi. Soalnya menurut gue yaa itu, pahit. Jadi agak kurang suka. Walaupun kurang suka, gue tapinya masih suka minum kok. Biasanya sih gue kopinya gak macem-macem, cuma kopi ABC susu sachetan yang dijual di warung sebelah rumah aja. Itu pun gak setiap hari. Kalo lagi mau aja. :D

    Gue biasanya kalo ke salah satu kedai kopi cuma mau sok aja ngopi WKWKWK. :D

    BalasHapus
  15. Haduh fif lo ngomongin kopi, jadi mau ngopikan, mumpung suasananya mendukung nih hahaha... seperti yang lain, kok gue baru tau ya hari kopi sedunia itu tgl 1 okt, wah, maklum... orang kudet mah gini, hahaha....

    gue sih simple, cuma beli kopi sasetan aja keknya udah nikmat. Emang enak sih, ngopi sambil ngetik materi blog.

    Kalo kata radit, gak ngopi, gak huuuuuu~

    BalasHapus
  16. Sebagai penikmat kopi, gue mau ngucapin Selamat Hari Kopi sedunia.. Semoga rasa kopi selalu pahit, ya Fif. XD

    Gue kenal Kopi dari orang tua perempuan gue (alias ibu). Setiap hari gue ngeliat beliau selalu minum kopi. Bahkan, tak jarang beliau bilang "Kok ada yang kurang, ya ru?"

    Terus mendadak ibu gue ke dapur dan bunyi "klutik-klutik." Gue intip. Rupanya lagi buat Kopi.. hahaha.

    Padahal, gue dulu suka banget sama Milo (tapi yg asli buatan negara tentangga). Cuman, sejak tau rasa kopi buatan Ibu, gue jadi ikut2an minum kopi.

    Dulu, pas masih belajar gue selalu ngabisin sisa dari kopi ibuk. Tapi, lama-lama kok gue yg gantian bilang "Kok ada yg kurang, ya bu?"

    Ibu gue senyum terus kita barengan ke dapur. Gue duduk, ibu bautin kopi. :D Dan sampe sekarang.

    Kalo gue sih, favorit kopi hitam. Kalo Latte pas lagi pengen foto buat IG aja. Hahaha. Kalo nggak, ya males. Kurang nendang rasanya.

    BalasHapus
  17. Oalaaah jadi cara minum kopi yang kedua tuh begitu ya nunggu kopinya turun kebawah dulu baru di seduh hahaha gue juga bingung dan gak pernah tau cara minum kopi yang itu kayak gimana.

    Gue suka kopi apa? hemmm kopi cappucin gitu emang punya nikmat lebih nih di lidah gue :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam