Langsung ke konten utama

Alasan Kenapa Orang Ganti Template Blog

Pake logo BE aja dah, gak tau mau nyisipin gambar apa buat postingan ini

Huft...
Kira-kira kurang lebih 2 jam gue kebingungan dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Bagaimana enggak, daritadi gue ngotak-ngatik template baru gue yang kalian sendiri bisa liat tampilan homepage. Lamanya ngapain aja? Sebenarnya sih, gantinya gak cukup 5 menit udah kelar, tapi customize a.k.a utak-atik tadi. 

Kira-kira kayak gini deh kata gue dalam hati pas lagi utak atik template blog:
*ganti template* *ngomong sendiri*
"Deh..templatenya udah gue tuker, hmm apa lagi ya yang kurang? Kalo warna ini gimana? Kalo letak ini? Gimana kalo disini? Ah refresh dulu ah..."

Kebiasaan gue kali kalo ngeganti template blog, harus ditentuin ini mau diletakin gimana, dan lainnya. Yaa wajarlah gue pengen tampilan blog gue makin ketjeh. Azek. Dan juga, pas lagi ngutak-ngatik, perasaan gue itu gak tenang, serasa dihantui bayang-bayang rasa penasaran yang tinggi sangat. 

Dan tadi, sempat gue salah ngeletakin dan nutupin kodel HTML, dan (lagi) kata gue dalam hati:
*salah letakin kode HTML*
"Astaga, ini kok ada notifikasi template error? Berarti gue salah dong dalam pengkodean HTML, terus gimana nih? Gue coba-coba dulu lah"

Alhasil, gue pun berusaha buat mencari apa yang bermasalah dari kode HTML template blog gue, ternyata ada kesalahan dikit yang lupa gue buat nutupin kodenya. Bener-bener dah, salah dikit, bisa berabe. Sama aja kayak cewe lagi PMS, salah dikit....duh serem ceritainnya.

Ngomong-ngomong soal template, pasti kalian semua pernah atau bahkan sering ngeganti template blog kalian. Ngeganti template blog menurut gue sih sah-sah aja, asalkan jangan sering ganti dalam waktu yang bersamaan. Lalu, apa alasan kita untuk ngeganti template blog? Yuk cekidot:

1. Udah bosen
Ini sering kali terjadi, dimana seorang blogger yang telah bosan dengan template lamanya, pengen diganti dengan template yang baru, supaya lebih segar, lebih semangat ngeblog, dan...yang itu tadi, biar gak bosen.

2. Template bawaan lama
Bagi blogger yang baru saja membuat blog, tentu saja template bawaan blogger kurang menarik, itulah alasan bagi yang memiliki blog yang "baru lahir" untuk mengganti template.

3. Template yang baru diganti, malah error. Ganti lagi
Jarang banget ini sih gue, tapi bagi sebagian blogger ini pasti pernah ngalamin kayak gini. Udah bela-belain buat ganti template, eh malah error, apalagi errornya udah di kode HTML, ribet lagi. Hadehh...

Itu sih alasan umum sebagian orang kenapa ngeganti template blog. Alasan gue? Pertama, template blog gue yang lama udah bosen aja gue liatnya. Kedua, pengen ganti template yang lebih fresh, enak diliat, dll. Tema template yang gue usung kali ini adalah: Fresh and good looking. Dengan warna background inti hijau muda yang segar, ditambah dengan tampilan template yang menurut gue lumayan ketjceh. Dan gak tau kenapa, kalo sesudah ganti template itu pengen nulis terus di blog, semangat ngeblog membara. Azek

Tapi, saran gue buat yang mau ganti template blog.

Jangan keseringan, and change the template for a long time
Yoi gans~
Oia, bagi yang punya alasan lain mengapa orang ngeganti template blognya. Corat coret di komentar!  

Komentar

  1. alasan aku ganti template adalah biar makin ketjeh (masih sama) ,
    karena bosen (masih sama)
    dan yang ke sekian kalinya aku ganti template karena hanya bisa template yang bisa aku ganti, Jomblo Baper saat ganti template -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh loh kok pembahasannya lari ke baper, jomblo bang ri? Hadeh wkwkw :v

      Hapus
  2. Kalo gue ganti template karena udah lumutan dan nggak relevan lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha templatenya udah tuaan tuh berarti masbro wkwkw :3

      Hapus
    2. Hahaha.... nggak gitu....
      bukan tua lagi, karena setiap gue ngeliat blog gue, gue iritasi mata...

      Hapus
  3. gue juga sering gonta ganti template, setiap model template udah gue coba kayaknya. tapi sekarang tampilan gue yang standar standar aja lah

    BalasHapus
  4. Iya juga sih, gue nge-ganti template kalo udah bosen. Biasa juga karna ada maksud tertentu, misalnya ngga responsiv lah, atau apalah.

    Sekarang, gue ngga mau lagi berpatok sama yang namanya template. Karna sangat-sangat merugikan jika waktu yang bisa kita pake buat nulis hanya di pake untuk ngutak ngatik, ngga masalah sih, tapi kalo hari ini ganti, besok ganti lagi, lhaa (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...bener juga sih kalo kita hanya terfokus hanya pada template, tetapi konten gak diurus. Kedua hal ini harus saling berimbang :3

      Hapus
  5. saya baru ganti template juga nih beberapa hari yang lalu. ngedit template yang baru ini butuh waktu hampir seminggu. nambah fitur related post, nambah tombol share, anti kopas, terget blank, ngehapus bagian yang disuka, terus ngedit navigasi halaman sama ngedit bagian depan blogku yang ada tulisan selamat datang itu. repot dah. tapi hasilnya lumayan memuaskan walau masih ada yang sedikit eror kalau saya lihat.

    milihnya juga lama, beberbagai template saya cek di gtmetriks, checkme, validasi url, light speed sama mobile frindly nya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama juga yak, kalo gue sih gak terlalu banyak menggunakan ini itu, cukup yang penting-penting saja hehe.

      Menurut gue sih template blog yang bagus itu tampilan minimalis/keren, responsive, loading cepat :3

      Hapus
    2. iya, makanya saya sering cek kecepatan blog, sama cek di checkme terus
      tapi kayaknya masih belum responsive punyaku walau udah mobile friendly

      Hapus
  6. saya kemarin bingung banget antara tetap tinggal atau ganti template, dan berhubung para pembaca blog saya ngedukung tetap akhirnya saya gak jadi ganti, tapi ada perubahan mendasar yang saya buat sebagai gantinya biar makin kece badai. saya malah lebih memilih ganti komentar blog ke disqus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip deh bang bro hehe...

      Kalo komentar blog dari disqus, apa kelebihannya bang?

      Hapus
  7. Kalau gue sih masih blm pengin ganti template.. yaa kalau gonta ganti ngeditnya bikin pucing pala berby.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho apalagi kalo templatenya error pas lagi ngedit, itu mah gak pusing lagi wkwkw :v

      Hapus
  8. Kebanyakan emang udah bosen dan biar keliatan lebih "wow" gitu sih..

    Tapi kalo bukan buaaku lebih berat di malas.. Aiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan yang pada bosen sih ganti templatenya..

      Kalimat terakhirnya rada bingung gue kak :3

      Hapus
  9. Gue sebenernya agak males gonta-ganti template. Soalnya lebih ngutamain konten. :)
    Tapi setelah dikasih tau temen gue, tampilan itu penting untuk mendatangkan pengunjung-pengunjung baru. Terus biar pengunjung lama makin betah, gue pun ganti. Hahaha.

    Gue ganti template pas ngotak-ngatiknya bisa 7 jam lebih. Kagak ngerti kode-kode gituan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konten mah penting banget bang yog, ples template blog yang ciamik, menambah visitor yang drastis :3

      Gila 7 jam :v, masih pemula mah gue dalam kode-kodean bang :v

      Hapus
  10. iya betul. karena pengen suasana baru aja sih

    BalasHapus
  11. Kalo gue sih ganti template karena ngeliat yang baru lebih keren, bagus dan rapih. Makanya gue ganti. Apalagi kalo responsive. :D

    BalasHapus
  12. hal mendasar sih gara-gara bosen memang. gara-gara bosen, jadinya pingin suasana yang lebih beda dari sebelumnya. ya... seperti apapun template, yang penting kan isi blog nya :) tapi, kalau templatenya nggak keurus juga nggak bagus. isi sama template musti ballance deh

    BalasHapus
  13. kalo saya sih ganti template palingan hal hal yang mendasar aja. jarang banget malahan, soalnya lebih seneng bikin postingan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh...itu kan selera masing-masing orang dalam memilih, tapi perlu juga sesekali buat ganti template untuk penyegaran tampilan blog :3

      Hapus
  14. templte yang sekarang udah gw pake dari awal bikin blog, sebenernya sih pernah gw ganti tapi kayak kurang sreg aja, makanya gw balik pake templte lama. klo udah nyaman emang susah buat pindah, ups baper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah jangan baper cuman karena template bang wkwkw

      Hapus
  15. waaahh awal-awal bikin blog sering banget ganti template, tapi kalo yang sekarang udah setahun lebih ga ganti-ganti. Bosen sih sebenernya... tapi tapi... males aja gitu... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya tuh pas dulu pas baru-baru masih punya blog, liat template yang keren, ganti, liat yang bagus lagi ganti lagi hahaha :v

      Tapi untuk sekarang ini template buat waktu yang lamaaa~

      Hapus
  16. Bener tuh ganti tempplate tuh lama pas otak-atik HTML
    alasannya yang pasti udah bosen, ga ada perubahan di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas utak atik kode HTML bikin badan lemes kalo ada kesalahan -_-

      Hapus
    2. klo gue biasanya yang diubah satu-satu kalo berhasil backup dulu tempalte'a trus rubah lagi yang lain, jadi kalo gagal tinggal resort aja sama yang baru di backup :D

      Hapus
  17. bener tuh aku sering ngutak-ngatik template blog ku. tapi rada-rada takut juga karena masih amatir untuk urusan coding gitu. kalau aku sih milih template yang bisa mobile juga . jadi sewaktu di buka di handphone templatenya ttep ada.

    sarannya bagus tuh untuk jangan keseringan ganti template terus ganti kalau sudah kelamaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo kita gak nyoba kapan lagi kan bang? Ganti template kek gue yang nubie gini kayak do at own risk banget :v

      Hapus
  18. Ngomongin ganti template. Fif, keknya mendingan ganti yg mobile friendly deh. Soalnya itu lebih ramah sama pencarian Google ketimbang template yg gak responsive.

    Kalo gue sih, ganti template sesuai kebutuhan dari kemajuan yg ada. Kalo dulu mau pake mobile friendly atau enggak, sama aja ratingnya. Tapi, sekarang udah beda. Pokoknya bakalan makin rame visiitornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, sebelum gue ganti template ini, alhamdulillah ada fitur responsivenya....

      Udah responsive kan?

      Hapus
  19. Gue termasuk tipikal orang yang sering gonta-ganti template karna bosen sama tampilannya. Selain itu gue juga kadang iri pas lagi blogwaling nemu template blog orang lain yang cihuy. Tapi, yang penting sih nyaman dilihat. Nggak bikin mata sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya juga tuh, kitanya jadi iri liat template orang yang bagus :v

      Hapus
  20. Gue juga suka ganti2 template sih. Cuma belakangan ini udah agak setop ganti2 template, biar kelihatan gak labil (padahal males) hehe. Btw, bagus juga nih template yang sekarang, lebih baik dari yang kemarin! Nice job bro!
    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaah, makasih bro^^

      Bisa juga gue yak milih template yang keren wkwkw

      Hapus
  21. iya, kadang gua juga suka bosan sama template blog, mengganti template blog juga bisa memberikan semangat dan motivasi tambahan buat ngeblog. Dan juga membuat blog lebih keren :)

    BalasHapus
  22. alasan yang sering muncul sih... karena bosen :P tapi inget ya, gonta-ganti template terlalu sering malah bisa bikin pembaca bingung :D

    BalasHapus
  23. Kalo gue ganti template biasanya karena liat template orang keliatan lebih bagus. Labil banget, haha.
    Kemarin secara gak sengaja dapet template bagus. Entah berhubungan apa gak, abis ganti template, page view blog menjadi hampir 1000/hari.

    BalasHapus
  24. Karena bosen jika ngeliat itu itu aja :)

    BalasHapus
  25. Muahahaha, fyi aku tiap semesrer hanti template loh, bahkan bs jiga per dua bulan sekali, karena aku mudah bosan :))

    BalasHapus
  26. template baru penting banget, wallpaper komputer sama hape aja perlu diganti2 kalo kita udah bosen..

    Salam Bekasi

    BalasHapus
  27. waaah keren bisa ngotak ngatik HTML. Aku mah nggak bisa :( nggak ngerti. Jarang ganti template. Kemarin diganti karena dibantuin temen juga. Hehee

    Hijaunya fresh. Bener-bener good looking :) syukkaa+

    BalasHapus
  28. Template lebih asik bikin sendiri gan :D

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Kalo gua mau ganti template, blog gue harus gua pindahkan ke subdomain lain dulu (yang pasti dirahasiakan) agar pembaca gak keganggu. Yang alamat blog yang lama gua bikin baru terus tinggal ditutup pake under construction page sampe penggantian template bener-bener selesai. Setelah itu tinggal dikembaliin normal lagi deh. :3

    Baidewei, mudeng ga? =))

    BalasHapus
  31. Gue masih setia dengan template gue yang sekarang. Haha
    Yang penting simpel dan tulisannya mudah dibaca. Paling rese emang kalo ngutak-atik template, kadang make widget ini itu dan pas mau ngedit widget yang baru dipasang besoknya udah lupa scriptnya yang mana, yaudah dibiarin aja. Haha

    Blognya udah gue follow, thanks buat artikelnya ya, ditunggu follow backnya ya. :)

    Salam Kenal
    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    BalasHapus
  32. Template lama nggak responsif. Hancur berantakan klo dibuka lewat smartphone. Jadinya ganti template deh. :D

    BalasHapus
  33. Gue malah gapernah selese-selese buat ngembangin blog. Sebab kalo selesai, ya jadinya kurang puas. Yang ada ya gue improve sedikit demi sedikit Apalagi masalah performance blog kita yang kalo nggak di maintain dengan baik bakalan makin jelek kualitasnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam