Langsung ke konten utama

Konsep Feed Instagram Antimainstream, Hitam Putih

Sekarang itu lagi jaman-jamannya dimana orang-orang lebih bingung mikirin caption di instagram daripada bingung mikirin nama anak. Memang sih, caption merupakan bagian yang penting juga di instagram. Karena kalo kita bisa bikin caption yang wah dimata orang, kadang orang bisa tergugah dengan caption yang kita bikin dan tak jarang berakhir dengan klik tombol like dari orang untuk foto kita. Namun ada ketentuannya juga sih menurut gue, caption sama foto lo harus sinkron lah, jangan buat caption kalimat mutiara kalo lo posting foto selfie, namun kadang orang tak banyak mikir ketentuan ini itu, semua orang berhak bikin caption apa walaupun fotonya gak ada korelasi sama sekali. Minimal jangan bikin caption yang menyinggung perasaan orang lain, apalagi menyinggung perasaan dia.

Instagram telah banyak membuat orang bingung, ya tadi, buat mikirin caption. Kalo gue sih sering juga sercing-sercing quote-quote dari tokoh terkenal, lalu gue taruh dah di caption foto, gue sendiri pun sering meletakkan caption dimana gak ada sangkut pautnya sama foto gue, random. Tapi gue beranggapan walaupun caption sama foto enggak sinkron, namun dengan quote-quote terkenal tadi yang awalnya orang enggak tau dengan caption itu jadi tau, manatau pas baca quote dari caption gue ada seseorang yang ingin ngubah dirinya menjadi lebih baik lagi, malah ada yang ingin tobat. Syukur alhamdulillah deh kalo caption yang gue taruh bermanfaat bagi orang lain.

Tapi dibanding lo bingung buat mikir caption yang bagus mending lo usaha buat hasil foto yang lo posting itu bagus dan antimainstream. Iya sih kalo caption lo keren, tapi kalo fotonya jelek? Kan percuma. Misalnya dengan sering-sering explore akun ig yang sering memposting foto-foto keren nan berkonsep, menambah ilmu tentang skill fotografi, bisa dilakukan dengan membaca artikel, majalah, ataupun membaca buku-buku fotografi.

Bicara soal feed instagram, feed berupa kumpulan foto-foto yang ada di akun instagram kita. Ada banyak macam feed orang di instagram, ada yang acak-acakan saja, ada yang fotonya vertikal dan horizontal, ada feed yang gaada dikasih caption cuma foto, ada feed yang keren dengan foto-foto landscape dan potrait, dan bahkan ada akun yang feed instagramnya gaada sama sekali alias kosong, mungkin akun baru atau bot mungkin?

Tapi ada satu model feed instagram yang keren di mata gue. Disaat orang-orang lebih memilih untuk memasukkan foto yang berwarna alias colorful, namun gue lebih terpesona dengan kemegahan foto hitam putih.

Mengapa harus foto hitam putih?

Terdapat banyak jenis foto di dunia ini, beragam bentuknya. Tapi kebanyakan foto-foto tersebut berwarna (colorful) yang mana ada banyak unsur warna yang ada di dalam foto tersebut. Mata bisa dimanjakan ketika melihat foto yang berwarna-warni, tentunya membuat kita tertarik juga karena ada banyak warna. Namun ada kalanya kita membuat sebuah foto menjadi hitam putih, cukup terlihat sederhana, simpel, namun memiliki arti yang sangat dalam.

Pernah baca quote,

When you photograph people in color, you photograph their clothes. But when you photograph people in black and white, you photograph their souls. -Ted Grant

Gue rasa ketika orang-orang membaca quote diatas, pasti langsung diem lalu bilang,"Eh iyaa juga yaaa". Foto berwarna, secara tidak langsung kita memotret warna dari pakaian mereka, namun tidak berarti juga kalo foto berwarna hanya membidik warna pakaian objek foto saja. Bagaimana kalo foto hitam putih? Warna warni ditiadakan, lenyap. Yang tinggal hanya warna hitam dan putih yang dominan. Kalo diperhatikan sekilas saja, foto hitam putih emang terlihat seperti gambar tua dan klasik. Namun dilihat secara mendalam, perhatikan baik-baik, kita telah memotret jiwa si objek, apapun jenis objek yang telah kita potret. Maksudnya memotret jiwa itu adalah dimana saat kita mencermati dengan seksama, foto hitam putih mengeluarkan kesan yang memiliki banyak makna.

                                                                                                  pexels.com

Entah memiliki kekuatan apa, dua warna ini memang memiliki magis yang kuat dalam foto. Dan gue sangat tertarik dengan foto hitam putih. Bahkan gue membuat satu akun instagram yang khusus nampung foto-foto gue yang berfilter hitam putih.

kuy di follow kuy

Mengapa gue bikin akun yang beginian? Pertama, gue suka dengan konsep foto hitam putih. Ya gimana gitu, klasik-klasik ajib aja gitu. Dan juga sarat akan makna. Kedua, gue gak mau nyampur adukin foto-foto, kalo gue masukin foto hitam putih ke akun instagram gue yang utama, feed jadi gak rapih terus amburadul, ya gue buat deh. Fyi, gue punya tiga akun instagram, muhaaaafif (utama) muhaaafif (khusus hitam putih) sama apippmotoo (khusus fotografi ala-ala gue). Akun instagram lo ada berapa?

Jadi enggak tertarik dengan foto hitam putih buat dijadiin feeds instagram? Nah ini nih alasan sederhananya:

1. Ya tadi, sarat akan makna. Coba aja liat deh, aura nya beda banget sama foto berwarna. Tenang kalo lihat foto hitam putih.

2. Antimainstream. Jarang-jarang juga lo orang bikin feed instagramnya dengan konsep foto hitam putih. Ada banyak tipe pengguna instagram di seluruh dunia, dan lo mau feeds instagram lo itu itu aja?

A post shared by ムハンマド・アフィフ (@muhaaafif) on
3. Foto hitam putih itu selalu diidentikkan foto yang selalu bisa berkomunikasi dengan visual. Yaa foto hitam putih berfokus pada teknik pencahayaan dan komposisi. Ya bisa dibilang foto hitam putih itu sederhana.

Dan terkadang foto hitam putih itu tak lekang oleh waktu. Jaman dulu foto hitam putih sangat identik banget. Dan bahkan kalo sekarang pun kita menggunakan preset hitam putih untuk foto kita yang akan diposting ke Instagram, gak masalah banget, bahkan itu lumayan keren dan jarang-jarang. Karna instagram itu soal konsep foto, seberapa unik konsep dan kerapihan feed seseorang, ya walaupun tak jarang instagram itu diidentikkan dengan caption, like, dan hastag. Yang terakhir emang bener juga sih, kita harus menggunakan hastag yang sesuai dengan foto, dan gak boleh banyak-banyak.

4. Hitam putih itu misterius, layaknya cowok-cowok kalem dan yang banyak disukai para kaum hawa. Misalnya foto silhoutte.

Foto hitam putih yang misterius yang gue maksud itu silhoutte, yang sering kita baca siluet. Bayangan hitam oleh suatu objek foto. Foto dengan konsep silhoutte bisa bertutur cerita apa yang kita bidik. Hitam putih emang punya cerita.

A post shared by ムハンマド・アフィフ (@muhaaafif) on

Awalnya gue gak ada niatan untuk membuat satu akun khusus buat foto hitam putih, namun pikiran itu terlintas saja ingin membuatnya. Juga gue bosan feed instagram yang hanya itu-itu aja, dan pada waktu itu gue melihat tab explore di instagram, lalu gue lihat sebuah foto hitam putih, gue lupa objek fotonya, dan setelah gue pikir-pikir, enak juga nih foto, dan kalo semuanya gue jadiin hitam putih, jadi deh konsep feed instagram black and white. Hoho

Untuk menambahkan filter, efek, ataupun preset hitam putihnya, bisa dengan berbagai macam cara. Langsung dari kamera, aplikasi edit foto, lightroom, ataupun langsung menggunakan fitur filter instagram. Kadang filter yang gue gunakan enggak semuanya sama, tiap foto pasti beda-beda settingannya, ya menyesuaikan dengan objek foto.

Monokrom is awesome.

Hitam putih dianggap sederhana, padahal dia menceritakan lebih banyak hal. Makanya hitam putih selalu menjadi symbol, sebab ia hidup lebih lama dari apapun yang berwarna. Semakin anda memandangnya semakin banyak hal yang diceritakannya. -Unknown

Kayaknya mau nulis banyak tentang fotografi, doain aja ya bisa mosting tentang fotografi lagi.Wasalam

Komentar

  1. makasih sharingnya , bermanfaat

    BalasHapus
  2. Iya sih. Fotonya kelihatan lebih bernyawa. Entah apa alasannya. Tapi aku suka hal yang klasik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitam putih salah satu warna yang klasik lho, atau bahkan si hitam dan siputih saja yang berbau klasik dari sekian banyak warna

      Hapus
  3. Fotonya bagus-bagus dan simple. ^_^ Benar-bear antimainstream deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, terkadang hitam putih ini syarat akan makna

      Hapus
  4. tha celebration of victory is more touch when it is black n white.

    BalasHapus
  5. seneng yg monochrome kek gitu.
    kerenn dahh

    BalasHapus
  6. cuma punya satu akun ig, dulunya juga acak adul isinya, sekarang biarpun cuma isi 6 biji tapi ya gitu...kadang ingin posting kdang juga males, kadang ingin berkonsep juga, tapi sekarang pengin yang minimalis saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gatau kenapa kalo feed instagram acak-acakan gitu menurut gue gak enak aja dilihat, bagi gue aja gaenak apalagi orang yang lihat. Namun terkadang itu minat masing-masing kitanya

      Hapus
  7. yogs.. gaul memang feeds black and white itu. Punya ciri khas tersendiri kalau di post secara berkala dan intens. Meskipun sedikit mencerminkan perasaan sendu, tapi gue juga berniat nyoba feeds b&w di beberapa foto secara terus menerus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bang jev, ada satu perasaan dimana kita melihat foto hitam putih, sarat makna.

      Hapus
  8. enakan tone sejenis hypebeast,

    eh bener gak tulisannya, haha

    BalasHapus
  9. Gue suka sama tulisan lo tentang foto hitam putih. Good

    BalasHapus
  10. gimana cara edit gambarnya hehe ?

    BalasHapus
  11. Wah, mantap diak. Ternyata banyak juga anak muda di Sumbar yang suka ngeblog. salam kenal ya.

    Yuk singgah kidalnarsis.blogspot.co.id

    BalasHapus
  12. keren juga ternyata kalau buat feeds kayak gt. trimaksih gan informasinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam