Langsung ke konten utama

Filosofi Panjat Pinang

Sumpah deh, draft judul ini gue buat jadi terbengkalai akibat kemalasan gue untuk melanjuti tulisan ini. Yang seharusnya tulisan ini gue publikasikan pada 17 Agustus tapi sekarang udah September aja. Hadehh...yaudah deh gue lanjutin aja... Fif fif...gimana sih


***

Di setiap perayaan 17 agustusan pada setiap tahunnya, biasanya masyarakat Indonesia, selain ikut memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan menghadiri upacara bendera, masyarakat Indonesia juga merayakannya dengan berbagai macam acara yang cukup meriah. Acara yang diadakan seringkali diikuti oleh seluruh aspek, yang muda maupun tua. Gak ada batasan umur, yang penting ikut memperingati dan merayakan ulang tahun negara kita yang tercinta ini. *merinding*

Acara-acara yang diadakan seperti lomba makan kerupuk, lomba pacu karung, lomba masukin paku ke botol, panjat pinang, pawai, dll. Tapi itu semua gak bakalan gue bahas disini, gue hanya ingin membahas satu yang telah gue sebutin, yaitu Panjat Pinang...

"Panjat Pinang? Memanjat pohon pinang gitu maksudnya? Terus gue manjatnya sendirian, jadi gue sendirian gak ditemanin? Nanti gue dikira jomlo dong"

"Manjat pohon pinang ngapain? Cuman ngambilin buah pinang yang ada di puncak atas pohon? Atau ngejar doi ke atas, terus dia gak tahan diatas terus jatuh lalu gue nangkap doi lalu kita berdua fix pacaran?"

YAELAH, GAK GITU JUGA KALI, BEGO!

Panjat pinang itu ada hadiahnya gitu deh, bagi siapa yang bisa naik ke atas, pasti dapet deh hadiahnya. Soal berapa banyak yang akan manjat ke atas? Yang pasti kita harus berkelompok untuk bisa menaiki pohon pinang tersebut. Kalo lo manjat sendiri? Boro-boro lo mau dapet hadiah, manjat aja lo belum tentu bisa, karena pohon pinang gak dibiarin polos gitu, dikasih gomok supaya ada tantangan bagi orang-orang yang memanjatnya. Disanalah letak keseruan panjat pinang bagi yang ikut dan sebagai penonton.


Tapi bukan deskripsi Panjat Pinang yang akan gue telaah dalam postingan kali ini, gue hanya ingin menuliskan tentang pelajaran yang dapat kita petik dari Panjat Pinang

Gue disini memberi judulnya Filosofi Panjat Pinang, biar keren gitu maksudnya.

*sambil ngetik* *bertapa di gua hira*

Apa yang dapat kita pelajari? 

Panjat pinang mengajarkan kita arti kerjasama

Semua disini pasti pernah ngelihat orang lagi manjat pinang, Pernah gak ngeliat orang manjat pinang yang jumlah orangnya hanya 1 orang? Kalo lo pernah ngeliat, berarti panjat pinangnya bukan versi Indonesia, tapi panjat pinang versi Zimbabwe. Panjat pinang pasti jumlahnya berkelompok, yang jelas berkelompok lebih dari 2 orang. 

Disaat memanjat, kita dan anggota kelompok harus bahu membahu untuk bisa mencapai tujuan puncak atas pohon dan merebut hadiah. Tapi kita dan kelompok untuk menaiki pohon harus secara tenang dan bertahap, tidak boleh tergesa-gesa. Cobalah walaupun kelompoknya lebih dari 10 orang, tapi dalam pemanjatan tergesa-gesa dan tidak mau sabar, akhirnya? Tidak akan sampai.

Intinya, teamwork!

Ya gitu deh...

Nb: Maaf yak tulisan ini gak sesuai dengan apa yang gue rencanakan sebelumnya, tulisan yang terbengkalai. Tapi mau tak mau harus gue selesain gimana pun caranya. Lagi males-malesnya nulis nih. Ehe cuman males, gak akan berhenti buat nulis untuk selanjutnya kok.

Ehe. *ngumpulin semangat buat kembali semangat nulis*

Komentar

  1. Ternyata panjat pinang ada filosofi nya juga ya? Baru tau gue. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ada karena di ada-adain masbro..Haha hal-hal sederhana ternyata dapat kita filosofikan. Eleh sok filosofi guee :D

      Hapus
  2. Ngakak parah. Yang harusnya "Tujuan Panjat Pinang" dibikin "Filosofi Panjat Pinang" :)) Biar elit gitu yak hahaha
    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya bukan tujuan sih bro, tapi bisa jadi sebagai "makna" dari sebuah panjat pinang

      Ehe.

      Hapus
  3. yeah.... filosofi panjat pinang itu memang keren. kita harus bahu membahu, baru lah bisa sampai ke puncak. harus injek-injekan, baru bisa dapet hadiah... tv... radio... tapi seumur2 gue sih belum pernah main panja pinang. paling banter balap karung sama tarik tambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerja sama tim sangat sangat dibutuhkan, hehe..

      Sama dong bang, ini punggung bakalan remuk kalo ikutan panjat pinang, apalagi gue kurusan gini, tulang aja ahaha :D

      Hapus
  4. hmmmm itu ya filosofi panjat pinangnya

    BalasHapus
  5. panjat pinang = meminang si doi yaaa :D hihi
    dibikin filosopi nya yaa ternyata :D

    BalasHapus
  6. bener sob mengajarkan kerjasama, karena klo gak kerjasama kapan mau dapet hadiahnya...

    BalasHapus
  7. gpp telat memposting fif yang penting kan udah di posting dari di diemin aja di draft hhe

    BalasHapus
  8. indonesia emang bagus kerjasamanya asal ada iing2nya jelas. naik kayu berdiri aja semangat kan kalo ada iming2 dapat sesuatu di atas

    BalasHapus
  9. Hahaha. Gue kira ada banyak. Taunya cuma sebiji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah keburu deadline bang, hahah sok deadline pulak :D

      Hapus
  10. harusnya ngga cuma di panjat pinang, tp juga diaplikasikan dlm kehidupan sehari2.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, mari berdiskusi

-Muhammad Afif

Postingan populer dari blog ini

Review: Gatsby Styling Pomade Supreme Hold, Gaya Pompadour!

Kayaknya udah gak perlu lagi ya gue jelasin panjang lebar tentang barang yang satu ini. Sebuah benda yang telah menjadi barang penting bagi kaum adam modern. Abis mandi keringin rambut pake handuk, tinggal pake deh barang yang satu ini. Pomed sih gue nyebutnya. Ah percuma juga kalo gue jelasin lebih dalam lagi. Yuk langsung ajadeh gue review. Kali ini gue akan menuliskan review Pomade dari Gatsby, yang sebelumnya gue juga pernah menulis review tentang pomade keluaran Gatsby. Ya ini adalah kedua kalinya gue akan mereview pomade. Pomade emang barang penting bagi cowok-cowok sosialita (gak cewek aja yang sosialita) pada jaman sekarang. Rasanya kalo siap mandi gak pake ini ada yang kurang gitu. Nah alasan mengapa cowok-cowok banyak make pomade adalah karena ingin rapi a.k.a klimis. Kalo rambut udah di pakein sama pomade, berantakan sedikit, tinggal keluarin sisir dari saku celana, sisir deh, dijamin klimis lagi! Baca juga  Review Gatsby Styling Pomade, Supreme Grease

Review Produk: Gatsby Styling Pomade

Hello gans, assalamu'alaikum ^-^ Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah deh kalo gitu. Kali ini gue bakalan nulis hal yang gak biasa banget gue tulis di blog. Postingan ini anti mainsentrum (baca mainstrim) banget deh. Soalnya kenapa? Gue bakalan nge-review alat gaya rambut (alaah bahasa gue), yang lagi nge-trend saat ini. Yak, Gatsby Styling Pomade! Oh ya sebelum gue lanjut nge-review, ini adalah pertama kali gue nge-review suatu produk, jadi kalo ada yang kurang dari penilaian gue, mohon maaf aja yak, wajarlah masih nubie dalam dunia per-pomadean. HAHAHA! *** Yuk daripada ketawa jadi gila, mari kita review merk pomade yang made in Indonesia ini : Pertama, produk ini di produksi oleh PT. Mandom Indonesia, well produk ini asli Indonesia. Inilah salah satu cara gue mencintai negara sendiri dengan membeli produk buatan dalam negeri. *Ceilahh*. Awal pertama kali gue tau pomade ini, ada temen gue yang make pomade ini, lalu dia merekomendasiin gue buat make, lal

Youtubers Indonesia Favorite Gue

Whats up? Pada kali ini... Sebelum gue melanjutkan, gue denger-denger lagi ada teror di ibukota Prancis, Paris ya. Katanya ada teror bom gitu di sekitar kota Paris. Semoga gak ada apa-apa dan WNI yang ada di sana gak kenapa-kenapa dalam keadaan sehat wal'afiat. Amin... #PrayForParis *** Youtube. Ya, Salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mengunggah video-video yang dibuatnya. Siapa pun, umur berapa pun, dan gak kenal status, dapat menguggah video terbaiknya ke Youtube. Asal punya akses internet *yaiyalah*. Lambat laun, perkembangan Youtube sangat cepat sekali. Mulai dari video pertama yang ada di youtube yang berjudul "Mee at the zoo" yang diunggah oleh nama pengguna "jawed" yang sekaligus salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim , dan hingga saat ini, mungkin bisa ditaksir ada jutaan lebih video yang ada di Youtube. Wow. Bicara tentang video yang ada di youtube, tentu dibaliknya ada seorang pengunggah video tersebut. Ada berbagai macam